8 Rahasia Public Speaking CEO Sukses di Dunia

Salah satu kunci keberhasilan dalam membangun bisnis adalah kemampuan untuk menyampaikan visi dan misi perusahaan. Itulah sebabnya, CEO di era modern perlu memiliki kemampuan public speaking yang memadai. Berikut adalah 8 rahasia public speaking dari para CEO sukses di dunia.

1. Bicara tentang ide yang besar
Segala presentasi, pidato, dan bentuk public speaking lainnya butuh satu ide besar yang akan diingat oleh semua orang. Ide besar ini akan menonjol dengan sendirinya tanpa perlu disampaikan dalam narasi yang panjang. Kemas ide besar ini dalam narasi singkat dan beri penekanan dan kekuatan pada ide besar tersebut.

2. Sampaikan apa yang sedang terjadi
Tidak ada orang yang menyukai pesan tertulis yang kaku. Pesan yang disampaikan harus bersinggungan dengan hal apa yang sedang audiens pikirkan dan situasi apa yang sedang terjadi. John Hamill, CEO Impact Food Group, pernah berkata, “When you are in touch with what people are thinking in that moment, you can confront it and clean it out to get them ready to hear the important message.”

3. Kemas secara sederhana
Dalam melakukan public speaking, seseorang sering kali mencoba terlalu keras. Padahal, pesan yang disampaikan haruslah sederhana dan lugas agar lebih mudah untuk diingat. Menurut Roger Marino, founder dari perusahaan teknologi besar bernama EMC, pesan yang sederhana membuat audiens tertarik dan lebih mudah untuk meresapi hal yang sedang disampaikan.

4. Selalu jujur 
Sebuah survei menyuarakan bahwa kualitas utama yang diinginkan orang-orang dari seorang pemimpin adalah kejujuran dan integritas. Untuk berbicara seperti seorang CEO, Anda harus menyampaikan pesan yang mengandung nilai kebenaran. Audiens tidak hanya menginginkan pemimpin yang pandai berbicara, mereka juga menginginkan pemimpin yang jujur.

5. Optimis
Sebagai seorang CEO, Anda pasti pernah mengalami jatuh-bangun. Meskipun begitu, Anda perlu menyeimbangkan realita dengan harapan. Selain harus bisa menyampaikan kondisi yang ada, CEO yang baik juga perlu bisa menyampaikan hal baik yang mungkin terjadi. Hal inilah yang dinamakan dengan optimisme.

6. Fokus dengan masa depan
Di saat sulit, kita mencari para pemimpin untuk memberikan harapan. Maka, fokuslah dengan masa depan dan hal apa yang bisa dilakukan. Saat melakukan public speaking, sampaikan hal yang Anda percayai: visi, harapan, dan keyakinan untuk perusahaan Anda. Dengan begitu, orang-orang akan berupaya untuk mewujudkannya.

7. Jadilah diri Anda yang sesungguhnya
Orang-orang selalu memiliki ketertarikan lebih dengan siapa yang sedang memimpin suatu organisasi maupun perusahaan. Mereka ingin mengetahui perasaan, reaksi, dan pendapat Anda. Jika Anda dapat membagikannya dengan cara yang tulus dan sesuai dengan jati diri Anda, Anda dapat benar-benar terhubung dengan banyak orang.

8. Perjuangkan misi tertentu
Saat melakukan pekerjaan, seseorang tidak hanya mengharapkan imbalan berupa uang. Mereka bekerja untuk menjadi bagian dari sesuatu yang besar. Mereka juga ingin mengetahui bahwa hal yang mereka lakukan dapat memberikan perubahan. Oleh karena itu, penting bagi suatu perusahaan untuk memilki misi dan tujuan yang jelas. CEO sukses di dunia adalah mereka yang mampu mengemukakan misi dan tujuan perusahaannya dengan baik.

Delapan hal di atas belum cukup untuk membuat Anda lihai berbicara di depan umum dalam menjalankan bisnis Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda dapat mengikuti kelas Public Speaking for Business Batch 7 Talkactive.id pada hari Jumat, 25 Desember 2020 pukul 19.30-21.30 secara daring. Daftarkan diri Anda di bit.ly/daftartalkactive.

Referensi:
Bates, Suzanne. (2005). Speak Like a CEO. United States: The McGraw-Hill Companies, Inc.

 

Penulis:
Danissa Rizkiyanti Novatrisha

Share This:

Salah satu kunci keberhasilan dalam membangun bisnis adalah kemampuan untuk menyampaikan visi dan misi perusahaan. Itulah sebabnya, CEO di era modern perlu memiliki kemampuan public speaking yang memadai. Berikut adalah 8 rahasia public speaking dari para CEO sukses di dunia.

1. Bicara tentang ide yang besar
Segala presentasi, pidato, dan bentuk public speaking lainnya butuh satu ide besar yang akan diingat oleh semua orang. Ide besar ini akan menonjol dengan sendirinya tanpa perlu disampaikan dalam narasi yang panjang. Kemas ide besar ini dalam narasi singkat dan beri penekanan dan kekuatan pada ide besar tersebut.

2. Sampaikan apa yang sedang terjadi
Tidak ada orang yang menyukai pesan tertulis yang kaku. Pesan yang disampaikan harus bersinggungan dengan hal apa yang sedang audiens pikirkan dan situasi apa yang sedang terjadi. John Hamill, CEO Impact Food Group, pernah berkata, “When you are in touch with what people are thinking in that moment, you can confront it and clean it out to get them ready to hear the important message.”

3. Kemas secara sederhana
Dalam melakukan public speaking, seseorang sering kali mencoba terlalu keras. Padahal, pesan yang disampaikan haruslah sederhana dan lugas agar lebih mudah untuk diingat. Menurut Roger Marino, founder dari perusahaan teknologi besar bernama EMC, pesan yang sederhana membuat audiens tertarik dan lebih mudah untuk meresapi hal yang sedang disampaikan.

4. Selalu jujur 
Sebuah survei menyuarakan bahwa kualitas utama yang diinginkan orang-orang dari seorang pemimpin adalah kejujuran dan integritas. Untuk berbicara seperti seorang CEO, Anda harus menyampaikan pesan yang mengandung nilai kebenaran. Audiens tidak hanya menginginkan pemimpin yang pandai berbicara, mereka juga menginginkan pemimpin yang jujur.

5. Optimis
Sebagai seorang CEO, Anda pasti pernah mengalami jatuh-bangun. Meskipun begitu, Anda perlu menyeimbangkan realita dengan harapan. Selain harus bisa menyampaikan kondisi yang ada, CEO yang baik juga perlu bisa menyampaikan hal baik yang mungkin terjadi. Hal inilah yang dinamakan dengan optimisme.

6. Fokus dengan masa depan
Di saat sulit, kita mencari para pemimpin untuk memberikan harapan. Maka, fokuslah dengan masa depan dan hal apa yang bisa dilakukan. Saat melakukan public speaking, sampaikan hal yang Anda percayai: visi, harapan, dan keyakinan untuk perusahaan Anda. Dengan begitu, orang-orang akan berupaya untuk mewujudkannya.

7. Jadilah diri Anda yang sesungguhnya
Orang-orang selalu memiliki ketertarikan lebih dengan siapa yang sedang memimpin suatu organisasi maupun perusahaan. Mereka ingin mengetahui perasaan, reaksi, dan pendapat Anda. Jika Anda dapat membagikannya dengan cara yang tulus dan sesuai dengan jati diri Anda, Anda dapat benar-benar terhubung dengan banyak orang.

8. Perjuangkan misi tertentu
Saat melakukan pekerjaan, seseorang tidak hanya mengharapkan imbalan berupa uang. Mereka bekerja untuk menjadi bagian dari sesuatu yang besar. Mereka juga ingin mengetahui bahwa hal yang mereka lakukan dapat memberikan perubahan. Oleh karena itu, penting bagi suatu perusahaan untuk memilki misi dan tujuan yang jelas. CEO sukses di dunia adalah mereka yang mampu mengemukakan misi dan tujuan perusahaannya dengan baik.

Delapan hal di atas belum cukup untuk membuat Anda lihai berbicara di depan umum dalam menjalankan bisnis Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda dapat mengikuti kelas Public Speaking for Business Batch 7 Talkactive.id pada hari Jumat, 25 Desember 2020 pukul 19.30-21.30 secara daring. Daftarkan diri Anda di bit.ly/daftartalkactive.

Referensi:
Bates, Suzanne. (2005). Speak Like a CEO. United States: The McGraw-Hill Companies, Inc.

 

Penulis:
Danissa Rizkiyanti Novatrisha

Share This:

More Articles

News

No results found.
Buka
Butuh Bantuan?
Halo, Kawan Bicara!
Ada yang bisa kami bantu?