5 Tips Berbicara Efektif

5 Tips Berbicara Efektif

Cara berbicara yang baik merupakan sesuatu hal yang perlu dipelajari setiap orang. Sebab, dengan melatih kemampuan berbicara, maka komunikasi yang terjalin antara tiap individu akan lebih efektif.

Di era saat ini, kemampuan bicara dan komunikasi yang baik merupakan keterampilan dasar yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Sebagai makhluk sosial, kita dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik selagi melakukan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan komunikasi yang baik ini juga tentu dibutuhkan oleh kita sebagai pribadi dewasa yang sudah berkecimpung di dunia kerja.

Ada dua hal penting yang bisa menjadi tolak ukur sebuah komunikasi yang efektif. Pertama, kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan baik dan jelas kepada lawan bicara, dan yang kedua adalah kemampuan untuk mendengarkan dengan seksama apa yang orang lain sampaikan saat berbicara kepada kita.

Untuk mendapatkan komunikasi efektif diperlukan teknik berbicara yang efektif. Adapun yang dimaksud dengan teknik berbicara efektif adalah cara yang paling baik dalam melakukan komunikasi, karena biasanya akan mencapai tujuan yang tepat. Beberapa teknik ini juga sebenarnya harus disesuikan dengan beberapa pesan yang akan disampaikan sehingga bisa diterima dengan baik. Secara sederhana ada beberapa teknik dalam berbicara yang paling efektif dan aktif yang bisa dipergunakan dalam melakukan beberapa kegiatan dan aktivitas sehari – hari diantaranya adalah :

  1. Melakukan pemilihan pokok permasalahan yang akan dibicarakan
  2. Berbicara dengan melakukan gerakan badan
  3. Lakukan penyesuaian dengan situasi terhadap lawan bicara sehingga pesan yang disampaikan bisa masuk dengan baik
  4. Anda harus menghargai lawan bicara saat menyampaikan pesan dan jangan di serang
  5. Menanggapi dengan baik setiap semua reaksi yang diberikan biasa dari sara, usul dan beberapa hal lainnya saat bebicara dengan lawan bicara Anda

Dalam berbicara efektif juga diperlukan prinsip komunikasi, dimana rinsip paling utama dalam pengembangan komunikasi efektif ialah bentuk sikap saling menghargai antar individu. Karena pada dasarnya, manusia ingin dihargai, dihormati, serta dianggap penting oleh orang lain. Selain menghargai, berikut lima prinsip komunikasi efektif berdasarkan REACH:

1. Respect (menghormati)

Menurut Bonaraja Purba, dkk dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2021), prinsip respect merupakan bentuk perasaan positif atau penghormatan diri kepada lawan bicara. Komunikator harus menghargai dan menghormati komunikan, sebagaimana komunikator ingin dihargai pula oleh lawan bicaranya. Prinsip menghormati harus selalu menjadi acuan utama dalam berkomunikasi. Karena setiap manusia ingin dihargai serta dihormati oleh orang lain.

2. Empathy (empati)

Prinsip komunikasi efektif ini merupakan penempatan diri individu pada situasi atau kondisi yang sedang dihadapi orang lain. Kata lainnya, seseorang memiliki kemampuan untuk bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain. Saat menerapkan prinsip empati dalam berkomunikasi, individu harus bisa menempatkan diri sebagai pendengar yang baik.

3. Audible (dapat didengar)

Pesan yang disampaikan dalam komunikasi harus mampu didengarkan dan dimengerti dengan mudah. Caranya, yakni membuat pesan yang mudah dipahami lawan bicara, gunakan bahasa yang mudah dimengerti, sampaikan hal penting langsung pada inti persoalan, gunakan bentuk komunikasi nonverbal yang mudah dibaca lawan bicara, serta gunakan contoh untuk mempermudah pemahaman pesan.

4. Clarity (jelas)

Artinya pesan yang disampaikan harus jelas, supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman antara komunikator dan komunikan. Supaya mencapai kesamaan makna dalam komunikasi efektif, ada baiknya untuk menanyakan dan memastikan tujuan serta pesan yang jelas.

5. Humble (rendah hati)

Prinsip komunikasi efektif ini berupa pemberian kesempatan kepada orang lain untuk berbicara terlebih dahulu serta menjadi pendengar yang baik. Sikap rendah hati tidak hanya menimbulkan rasa hormat, namun juga memberi kesan yang positif dalam menciptakan proses komunikasi efektif.

Jadi, gimana nih Kawan Bicara, sudah ada jawaban kan gimana cara berbicara yang efektif? Berbicara efektif juga bisa membuat orang untuk memusatkan pikirannya pada satu masalah tertentu dari apa yang dibicarakan sehingga membuat penderngar menjadi antusias dalam mendengarkan dan memperhatikan apa yang dibicarakan. Sehingga seseorang yang memiliki teknik bicara efektif maka dia adalah orang yang mampu menarik perhatian orang lain.

Jika ingin tahu lebih dalam berkomunikasi secara efektif, Kawan Bicara dapat mengikuti beberapa pelatihan komunikasi dan juga konsultasi. Kawan Bicara juga dapat mengikuti berbagai macam program kelas di talkactive.id.

Share This:

5 Tips Berbicara Efektif

Cara berbicara yang baik merupakan sesuatu hal yang perlu dipelajari setiap orang. Sebab, dengan melatih kemampuan berbicara, maka komunikasi yang terjalin antara tiap individu akan lebih efektif.

Di era saat ini, kemampuan bicara dan komunikasi yang baik merupakan keterampilan dasar yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Sebagai makhluk sosial, kita dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik selagi melakukan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan komunikasi yang baik ini juga tentu dibutuhkan oleh kita sebagai pribadi dewasa yang sudah berkecimpung di dunia kerja.

Ada dua hal penting yang bisa menjadi tolak ukur sebuah komunikasi yang efektif. Pertama, kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan baik dan jelas kepada lawan bicara, dan yang kedua adalah kemampuan untuk mendengarkan dengan seksama apa yang orang lain sampaikan saat berbicara kepada kita.

Untuk mendapatkan komunikasi efektif diperlukan teknik berbicara yang efektif. Adapun yang dimaksud dengan teknik berbicara efektif adalah cara yang paling baik dalam melakukan komunikasi, karena biasanya akan mencapai tujuan yang tepat. Beberapa teknik ini juga sebenarnya harus disesuikan dengan beberapa pesan yang akan disampaikan sehingga bisa diterima dengan baik. Secara sederhana ada beberapa teknik dalam berbicara yang paling efektif dan aktif yang bisa dipergunakan dalam melakukan beberapa kegiatan dan aktivitas sehari – hari diantaranya adalah :

  1. Melakukan pemilihan pokok permasalahan yang akan dibicarakan
  2. Berbicara dengan melakukan gerakan badan
  3. Lakukan penyesuaian dengan situasi terhadap lawan bicara sehingga pesan yang disampaikan bisa masuk dengan baik
  4. Anda harus menghargai lawan bicara saat menyampaikan pesan dan jangan di serang
  5. Menanggapi dengan baik setiap semua reaksi yang diberikan biasa dari sara, usul dan beberapa hal lainnya saat bebicara dengan lawan bicara Anda

Dalam berbicara efektif juga diperlukan prinsip komunikasi, dimana rinsip paling utama dalam pengembangan komunikasi efektif ialah bentuk sikap saling menghargai antar individu. Karena pada dasarnya, manusia ingin dihargai, dihormati, serta dianggap penting oleh orang lain. Selain menghargai, berikut lima prinsip komunikasi efektif berdasarkan REACH:

1. Respect (menghormati)

Menurut Bonaraja Purba, dkk dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2021), prinsip respect merupakan bentuk perasaan positif atau penghormatan diri kepada lawan bicara. Komunikator harus menghargai dan menghormati komunikan, sebagaimana komunikator ingin dihargai pula oleh lawan bicaranya. Prinsip menghormati harus selalu menjadi acuan utama dalam berkomunikasi. Karena setiap manusia ingin dihargai serta dihormati oleh orang lain.

2. Empathy (empati)

Prinsip komunikasi efektif ini merupakan penempatan diri individu pada situasi atau kondisi yang sedang dihadapi orang lain. Kata lainnya, seseorang memiliki kemampuan untuk bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain. Saat menerapkan prinsip empati dalam berkomunikasi, individu harus bisa menempatkan diri sebagai pendengar yang baik.

3. Audible (dapat didengar)

Pesan yang disampaikan dalam komunikasi harus mampu didengarkan dan dimengerti dengan mudah. Caranya, yakni membuat pesan yang mudah dipahami lawan bicara, gunakan bahasa yang mudah dimengerti, sampaikan hal penting langsung pada inti persoalan, gunakan bentuk komunikasi nonverbal yang mudah dibaca lawan bicara, serta gunakan contoh untuk mempermudah pemahaman pesan.

4. Clarity (jelas)

Artinya pesan yang disampaikan harus jelas, supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman antara komunikator dan komunikan. Supaya mencapai kesamaan makna dalam komunikasi efektif, ada baiknya untuk menanyakan dan memastikan tujuan serta pesan yang jelas.

5. Humble (rendah hati)

Prinsip komunikasi efektif ini berupa pemberian kesempatan kepada orang lain untuk berbicara terlebih dahulu serta menjadi pendengar yang baik. Sikap rendah hati tidak hanya menimbulkan rasa hormat, namun juga memberi kesan yang positif dalam menciptakan proses komunikasi efektif.

Jadi, gimana nih Kawan Bicara, sudah ada jawaban kan gimana cara berbicara yang efektif? Berbicara efektif juga bisa membuat orang untuk memusatkan pikirannya pada satu masalah tertentu dari apa yang dibicarakan sehingga membuat penderngar menjadi antusias dalam mendengarkan dan memperhatikan apa yang dibicarakan. Sehingga seseorang yang memiliki teknik bicara efektif maka dia adalah orang yang mampu menarik perhatian orang lain.

Jika ingin tahu lebih dalam berkomunikasi secara efektif, Kawan Bicara dapat mengikuti beberapa pelatihan komunikasi dan juga konsultasi. Kawan Bicara juga dapat mengikuti berbagai macam program kelas di talkactive.id.

Share This:

More Articles

News

No results found.
Buka
Butuh Bantuan?
Halo, Kawan Bicara!
Ada yang bisa kami bantu?