Tahukah Kawan Bicara, bahwa Sales merupakan orang yang melakukan aktivitas penjualan barang atau jasa di dalam perusahaan. Biasanya, sales memiliki tim tersendiri yang terdiri dari beberapa orang.
Sales memiliki tanggung jawab terhadap penjualan sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, untuk mencapai penjualan yang maksimal maka ada beberapa kemampuan yang perlu sales miliki.
Bahkan dalam dunia bisnis pun membutuhkan sales, karena dengan adanya sales mampu meningkatkan penjualan produk atau jasa. Sehingga, perusahaan memperoleh keuntungan yang lebih besar.
Selain itu, juga dapat membantu perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan lain di pasar yang sama dengan menarik minat pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, bisnis membutuhkan sales untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar dan untuk bersaing di pasar.
Lalu, berdasarkan beberapa sumber yang berhasil tim talkactive rangkum, dijelaskan bahwa berikut adalah beberapa skill yang penting Kawan Bicara ketahui, untuk dimiliki oleh sales perusahaan, antara lain:
1. Komunikatif
Skill pertama yang wajib dimiliki oleh sales perusahaan adalah, komunikasi yang baik. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk dapat menjelaskan produk atau jasa kepada pelanggan dengan jelas dan efektif.
Selain itu, juga harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan kebutuhan pelanggan dan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjalani hubungan yang lebih akrab dan lama dengan pelanggan. Sehingga pelanggan berpotensi menjadi pelanggan potensial.
Kemampuan komunikasi yang baik akan membantu sales untuk menyampaikan informasi yang tepat, dan menarik bagi calon konsumen, sehingga dapat membuat mereka yang tertarik untuk membeli produk, atau layanan tersebut.
Maka dari itu, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, seorang sales harus memperhatikan beberapa hal, di antaranya:
a). Menyesuaikan penggunaan bahasa sesuai dengan kemampuan calon pelanggan.
b). Penggunaan bahasa tubuh yang sesuai untuk memberikan penekanan pada poin-poin penting.
c). Mampu memberikan jawaban yang jelas dan tepat.
2. Persuasif
Keahlian persuasi adalah kemampuan yang harus dimiliki sales perusahaan. Hal ini dibutuhkan untuk meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk, atau layanan yang ditawarkan.
Kemampuan persuasi yang baik tersebut akan membantu sales, untuk menjual produk atau layanan dengan efektif, dan memperoleh kesepakatan yang saling menguntungkan dengan calon konsumen.
Untuk meningkatkan kemampuan persuasi, seorang sales harus memperhatikan beberapa hal, di antaranya:
a). Mengetahui kebutuhan calon konsumen.
b). Dapat menggunakan contoh atau kisah nyata dapat membantu sales untuk meyakinkan calon konsumen.
c). Menggunakan pertanyaan terbuka untuk mengetahui kebutuhan calon konsumen secara lebih mendalam.
3. Pendengar yang Baik
Dalam menjaga hubungan baik dengan calon konsumen, seorang sales harus mampu menjadi pendengar yang baik. Hal ini dibutuhkan agar bisa mengimbangi diri seorang sales, karena jika fokus terhadap persuasi yang agresif akan menimbulkan kesan yang intimidatif, serta manipulatif bagi calon konsumen.
Hal ini pun menegaskan jika kemampuan mendengarkan yang baik tidak kalah penting bagi sales. Karena, dengan kemampuan tersebut, seorang sales bisa mengetahui apa keinginan dan apa yang dibutuhkan oleh calon konsumen.
4. Menjaga Feedback
Kemampuan ini, bagi seorang sales perusahaan sangatlah vital dalam menjaga hubungan dengan konsumen lebih awet. Hal ini dibutuhkan agar konsumen memiliki empati, sehingga mau berinteraksi dengan seorang sales dalam waktu yang lama.
Bahkan, seorang sales juga dituntut memiliki keahlian dalam proses bertanya dan menanggapi pesan lawan bicara. Hal ini agar terciptanya sebuah esesnsi dalam proses memahami (feedback giling skill) antar sales maupun konsumen.
5. Mahir Negosiasi
Seorang sales juga dituntut harus berkemampuan dalam proses negosiasi. Hal ini memungkinkan sales mendapatkan hasil penawaran yang menguntungkan bisnis. Negosiasi adalah kemampuan untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dengan calon pelanggan.
Kemampuan negosiasi yang baik akan membantu sales untuk menjual produk atau layanan dengan harga yang sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan, serta memperoleh margin yang memadai bagi perusahaan.
Untuk meningkatkan kemampuan negosiasi, seorang sales harus memperhatikan beberapa hal, di antaranya:
a). Mengetahui kemampuan finansial calon pelanggan. Sehingga dapat menawarkan harga yang sesuai.
b). Memahami keunggulan produk atau layanan bisnis.
c). Mampu mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak.
d). Menggunakan teknik persuasi. Misalnya, menjelaskan keunggulan produk atau layanan, menggunakan contoh atau kisah nyata atau menggunakan pertanyaan terbuka.
Hal diatas adalah cara yang sederhana, namun efektif dalam melatih Kawan Bicara, jika ingin menjadi sosok sales yang diimpikan sebuah perusahaan. Apabila Kawan Bicara ingin mengasah kemampuan menjadi seorang sales, Talkactive adalah solusinya, karena memiliki ragam pelatihan yang menarik dan interaktif. Bagaimana tanggapanmu Kawan Bicara?