Dalam dunia bisnis, terdapat tiga aspek yang perlu kita perhatikan, yaknu proses produksi, proses distribusi, dan marketing. Proses produksi suatu perusahaan merupakan usaha untuk menghasilkan barang maupun jasa yang nantinya akan dijual kepada masyarakat.
Proses distribusi merupakan tahapan selanjutnya setelah proses produksi selesai, merupakan penyaluran produk dari produsen ke konsumen. Sedangkan marketing adalah proses dalam mencari pelanggan guna menjual produk yang telah diproduksi.
Sebagai seorang personal selling, aspek marketing merupakan aspek yang harus dikuasai. Kita harus memiliki selling skills yang efektif agar penjualan dapat mencapai target, dan mampu bertahan maka perputaran dari ketiga aspek tersebut haruslah lancar.
Bagaimana caranya? Kita harus memerlukan strategi pemasaran yang efektif, sebagai berikut;
1. Ketahui Strategi Pemasaran
Jika kita ingin mendapatkan konsumen yang banyak, maka hatus bisa melakukan dua cara yaitu menciptakan citra produk yang baik untuk menarik konsumen sehingga merasa memerlukan produk yang akan dijual.
Kedua, dengan melakukan pemenuhan permintaan konsumen. cara kedua ini memaksa kita untuk berusaha memberikan produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen.
2. Mampu Melayani dan Menanggapi Konsumen Yang Semakin Cerdas
Dalam memilih produk, konsumen tidak akan sembarangan membeli. Salah satu latar belakang dari perilaku ini adalah tingkat pendidikan yang semakin tinggi serta banyaknya produk serupa dalam pasar.
Alasan kedua akan membuat konsumen mudah untuk membandingkan antara satu produk dengan produk lain. Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat mengakalinya dengan kemampuan selling skill berupa melibatkan secara nyata konsumen kedalam demonstrasi dalam upaya pembuktian kelebihan produk.
3. Pendekatan Terhadap Konsumen
Selling skills ini mutlak harus kita lakukan untuk mendapatkan konsumen, serta jangan terpatok dengan salah satu jenis pendekatan, karena kita dapat melakukan berbagai macam pendekatan guna memperkenalkan produk.
Kita sebagai sales keliling tentunya dapat melakukan pendekatan secara langsung kepada pembeli. Untuk perusahaan yang memiliki lingkup lebih besar, kita dapat melakukan pendekatan melalui berbagai macam media sosial.
4. Mengetahui Segmentasi Produk
Sadarilah target pasar yang akan kita masuki, apakah anak-anak, remaja, orang dewasa, pria, atau wanita. Karena barang atau jasa yang dibutuhkan masing-masing golongan tersebut sangatlah berbeda.
Setelah mengetahui cara untuk meningkatkan selling skills ini, kita akan lebih mudah untuk memasuki pasar guna menjual barang dan jasa. Salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah etika dalam menawarkan produk yang harus selalu dijaga.
Source: glints.com, cermati.com