Berbagai Macam Inovasi Berbisnis Via Media Sosial

Berbagai Macam Inovasi Berbisnis Via Media Sosial

Halo Kawan Bicara, tahukah kamu bagaimana cara berbisnis via media sosial? Yuk, kita bahas secara sederhana. Media sosial memberikan banyak manfaat untuk bisnis. Salah satu manfaat terbesar adalah menjangkau pelanggan di mana saja dan kapan saja.

Dengan media sosial, kita bisa menciptakan konten yang menarik dan membagikannya kepada netizen dengan cepat. Kawan Bicara bahkan dapat memperluas jangkauan bisnis ke luar negeri tanpa harus keluar dari rumah.

Selain membangun brand awareness, media sosial juga mampu menarik perhatian khalayak umum untuk mendengar  bisnis kita  sebelumnya. Semakin banyak orang yang tahu tentang bisnis kita, semakin besar peluang untuk meningkatkan penjualan.

Selain itu, media sosial juga membantu membangun koneksi dengan pelanggan. Kamu dapat menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan. Ini memberi pelanggan kamu perasaan bahwa bisnis kamu peduli dengan mereka dan mereka dapat mengandalkan bisnismu.

Bahkan, media sosial menjadi sorotan karena dicap praktis dan mudah disebarkan kepada para netizen. Hal itu juga karena muncul berbagai ide kreatif, yang bisa dilakukan untuk  membantu penjualan di media sosial. Apakah Kawan Bicara penasaran? Berikut adalah berbagai inovasi yang bisa meningkatkan penjualan di media sosial, menurut sumber Bisnis.com.

1. Giveaway

Mungkin Kawan Bicara sudah menyadari bahwa strategi ini banyak dilakukan oleh banyak brand dalam memasarkan produknya. Giveaway ini juga merupakan pemberian hadiah jika followers mampu menjawab Q&A dengan benar atau mengikuti instruksi sesuai dengan arahan.

Akan tetapi cara ini kerap kali mengundang komentar negatif dari netizen karena dianggap mencari perhatian, tetapi untuk beberapa kasus cara ini berhasil dilakukan. Dampaknya, netizen akan melihat profil bisnis kita sendiri. Misalnya, Kawan Bicara membuat giveaway di instagram, maka traffic profile instagramnya akan melonjak.

 

2. Membuat Challenge

Konsep challenge adalah suatu tantangan yang diberikan kepada follower. Oleh sebab itu, seluruh follower yang mengikuti challenge akan diberikan penilaian. Biasanya, challenge yang diberikan bisa Kawan Bicara lakukan dengan beragam. Bisa dengan menyanyi, joget, mengunggah twibbon, atau cara kreatif lainnya sesuai intruksi yang diberikan.

Saat keikutsertaan challenge merambah masyarakat luas, produk kita akan ikut dikenal. Sehingga cara ini ampuh untuk mempromosikan produk kamu, karena di dalam challenge biasanya Kawan Bicara selipkan identitas produk. Jadi semakin banyak follower mengikuti challenge, maka semakin populer pula produk bisnis dikenal banyak orang.

Baca Juga : Komunikasi Dapat Merusak Bisnis? Ini dia Cara Menghindari Penggunaan Kata-kata Negatif dalam Komunikasi Verbal Bisnis yang Efektif

3. Tips-Tips dan Video Tutorial

Menjadikan media sosial sebagai sarana promosi tidak bisa dilakukan secara terus menerus. Seiring berjalannya waktu, Kawan Bicara harus mengubah akun media sosial menjadi lebih informatif. Netizen akan berkunjung ketika akun kita tidak hanya berjualan, tetapi terdapat pula informasi yang bermanfaat bagi mereka.

Untuk menyiasatinya, Kawan Bicara bisa mengemas konten-konten ringan seperti tips-tips yang masih berkaitan dengan jenis produkmu. Konten yang dikemas bisa menggunakan artikel ringan atau berupa video tutorial yang kini diakomodir oleh media sosial.

 

4. Creative Advertising

Jika Kawan Bicara ingin memasarkan produk, cobalah untuk beriklan di media sosial dengan kreatif. Hal ini bisa bersifat nyeleneh, kocak, atau yang membuat banyak orang merasa terwakili karena pernah merasakannya.

Sebuah pengemasan iklan yang baik bisa menghipnotis mata audiens. Minimal, mereka akan lebih mengenal produk kita setelah melihat iklan tersebut. Ditambah, sekarang ini hampir semua media sosial mengeluarkan fitur iklan berbayar, yang bisa menyebarkan iklan kepada audiens sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga : 6 Strategi Marketing Instagram untuk Meningkatkan Bisnis

5. Memiliki Jangkauan Komunitas

Komunitas sangat penting bagi kemajuan bisnis. Sehingga, coba dekati komunitas tertentu yang memiliki pengaruh untuk menjadi wadah dukungan sekaligus promosi dari produk kita sendiri.

Tentunya komunitas yang disasar yakni komunitas yang masih memiliki kesinambungan dengan produk, yang Kawan Bicara dagangkan agar targetnya sesuai. Contohnya, banyak minuman berenergi mendekati komunitas sepakbola.

Nah, hal seperti di atas adalah beberapa langkah dalam membuat terobosan saat berbisnis melalui media sosial. Jika Kawan Bicara ingin memperdalam ilmu di bidang bisnis serta digitalisasinya, bisa mengikuti kelas di Talkactive untuk memahami dan mengasah kreativitas agar menaikkan profit. Yuk, tunggu apa lagi?

Program Pelatihan Kami

Share This:

Berbagai Macam Inovasi Berbisnis Via Media Sosial

Halo Kawan Bicara, tahukah kamu bagaimana cara berbisnis via media sosial? Yuk, kita bahas secara sederhana. Media sosial memberikan banyak manfaat untuk bisnis. Salah satu manfaat terbesar adalah menjangkau pelanggan di mana saja dan kapan saja.

Dengan media sosial, kita bisa menciptakan konten yang menarik dan membagikannya kepada netizen dengan cepat. Kawan Bicara bahkan dapat memperluas jangkauan bisnis ke luar negeri tanpa harus keluar dari rumah.

Selain membangun brand awareness, media sosial juga mampu menarik perhatian khalayak umum untuk mendengar  bisnis kita  sebelumnya. Semakin banyak orang yang tahu tentang bisnis kita, semakin besar peluang untuk meningkatkan penjualan.

Selain itu, media sosial juga membantu membangun koneksi dengan pelanggan. Kamu dapat menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan. Ini memberi pelanggan kamu perasaan bahwa bisnis kamu peduli dengan mereka dan mereka dapat mengandalkan bisnismu.

Bahkan, media sosial menjadi sorotan karena dicap praktis dan mudah disebarkan kepada para netizen. Hal itu juga karena muncul berbagai ide kreatif, yang bisa dilakukan untuk  membantu penjualan di media sosial. Apakah Kawan Bicara penasaran? Berikut adalah berbagai inovasi yang bisa meningkatkan penjualan di media sosial, menurut sumber Bisnis.com.

1. Giveaway

Mungkin Kawan Bicara sudah menyadari bahwa strategi ini banyak dilakukan oleh banyak brand dalam memasarkan produknya. Giveaway ini juga merupakan pemberian hadiah jika followers mampu menjawab Q&A dengan benar atau mengikuti instruksi sesuai dengan arahan.

Akan tetapi cara ini kerap kali mengundang komentar negatif dari netizen karena dianggap mencari perhatian, tetapi untuk beberapa kasus cara ini berhasil dilakukan. Dampaknya, netizen akan melihat profil bisnis kita sendiri. Misalnya, Kawan Bicara membuat giveaway di instagram, maka traffic profile instagramnya akan melonjak.

 

2. Membuat Challenge

Konsep challenge adalah suatu tantangan yang diberikan kepada follower. Oleh sebab itu, seluruh follower yang mengikuti challenge akan diberikan penilaian. Biasanya, challenge yang diberikan bisa Kawan Bicara lakukan dengan beragam. Bisa dengan menyanyi, joget, mengunggah twibbon, atau cara kreatif lainnya sesuai intruksi yang diberikan.

Saat keikutsertaan challenge merambah masyarakat luas, produk kita akan ikut dikenal. Sehingga cara ini ampuh untuk mempromosikan produk kamu, karena di dalam challenge biasanya Kawan Bicara selipkan identitas produk. Jadi semakin banyak follower mengikuti challenge, maka semakin populer pula produk bisnis dikenal banyak orang.

Baca Juga : Komunikasi Dapat Merusak Bisnis? Ini dia Cara Menghindari Penggunaan Kata-kata Negatif dalam Komunikasi Verbal Bisnis yang Efektif

3. Tips-Tips dan Video Tutorial

Menjadikan media sosial sebagai sarana promosi tidak bisa dilakukan secara terus menerus. Seiring berjalannya waktu, Kawan Bicara harus mengubah akun media sosial menjadi lebih informatif. Netizen akan berkunjung ketika akun kita tidak hanya berjualan, tetapi terdapat pula informasi yang bermanfaat bagi mereka.

Untuk menyiasatinya, Kawan Bicara bisa mengemas konten-konten ringan seperti tips-tips yang masih berkaitan dengan jenis produkmu. Konten yang dikemas bisa menggunakan artikel ringan atau berupa video tutorial yang kini diakomodir oleh media sosial.

 

4. Creative Advertising

Jika Kawan Bicara ingin memasarkan produk, cobalah untuk beriklan di media sosial dengan kreatif. Hal ini bisa bersifat nyeleneh, kocak, atau yang membuat banyak orang merasa terwakili karena pernah merasakannya.

Sebuah pengemasan iklan yang baik bisa menghipnotis mata audiens. Minimal, mereka akan lebih mengenal produk kita setelah melihat iklan tersebut. Ditambah, sekarang ini hampir semua media sosial mengeluarkan fitur iklan berbayar, yang bisa menyebarkan iklan kepada audiens sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga : 6 Strategi Marketing Instagram untuk Meningkatkan Bisnis

5. Memiliki Jangkauan Komunitas

Komunitas sangat penting bagi kemajuan bisnis. Sehingga, coba dekati komunitas tertentu yang memiliki pengaruh untuk menjadi wadah dukungan sekaligus promosi dari produk kita sendiri.

Tentunya komunitas yang disasar yakni komunitas yang masih memiliki kesinambungan dengan produk, yang Kawan Bicara dagangkan agar targetnya sesuai. Contohnya, banyak minuman berenergi mendekati komunitas sepakbola.

Nah, hal seperti di atas adalah beberapa langkah dalam membuat terobosan saat berbisnis melalui media sosial. Jika Kawan Bicara ingin memperdalam ilmu di bidang bisnis serta digitalisasinya, bisa mengikuti kelas di Talkactive untuk memahami dan mengasah kreativitas agar menaikkan profit. Yuk, tunggu apa lagi?

Program Pelatihan Kami

Share This:

More Articles

News

No results found.
Buka
Butuh Bantuan?
Halo, Kawan Bicara!
Ada yang bisa kami bantu?