Media sosial bukan lagi menjadi hal baru, hampir setiap orang memiliki yang namanya media sosial. Apalagi bagi masyarakat Indonesia, dimana pertumbuhan pengguna internetnya semakin hari semakin meningkat. Berdasarkan data yang dirilis oleh HootSuite dan We Are Social pada Januari 2021, bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa dan ini meningkat 15,5 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini memperlihatkan bahwa internet sudah sangat familier bagi masyarakat Indonesia.
Aktivitas berinternet yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia adalah menggunakan media sosial. Saat ini ada 170 juta jiwa orang Indonesia sebagai pengguna aktif media sosial. Media sosial sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat Indonesia serta menjadi salah satu wadah untuk membangun citra diri atau yang disebut dengan istilah personal branding.
Mulai dari pengusaha, pebisnis, dokter, psikolog, dosen bahkan siapapun saat ini tidak segan lagi untuk membagikan ilmu maupun pengalaman mereka kepada khalayak luas. Semua ini dilakukan oleh mereka dengan tujuan untuk membangun personal branding yang bagus. Personal branding diartikan sebagai cara untuk memasarkan diri baik itu di dunia nyata ataupun melalui media sosial.
Saat ini personal branding bukan lagi keterkaitan antara bisnis dan pebisnis. Namun personal branding sudah memiliki arti yang luas, personal branding menjadi kesempatan untuk memperkenalkan pada dunia luar tentang kemampuan, pengalaman, serta keterampilan yang dimiliki oleh seseorang. Dunia karier saat ini juga semakin ketat, setiap orang semakin berlomba-lomba untuk menunjukkan citra dirinya yang baik, melalui media sosial salah satunya.
Kita bisa memilih hal apa yang ingin dibagikan kepada orang lain, skill atau kemampuan apa yang dimiliki. Misalnya kamu memiliki kemampuan menjadi seorang MC dan Presenter, maka kamu bisa bagikan hal-hal yang berhubungan dengan hal tersebut seperti berbagi tips dan trik menjadi seorang MC dan Presenter yang baik , mengolah vokal, teknik-teknik menjadi MC dan Presenter ataupun hal-hal lainnya.
Setelah kamu menentukan topik yang ingin dibagikan selanjutnya tentukan target pembaca yang ingin disasar dan gunakan bahasa yang menyentuh hati dan membuat orang lain mau untuk menyimak topik yang dibagikan. Dan yang paling penting ialah konsisten akan kegiatan yang sudah diawali ini, selalu kembangkan agar semakin lebih baik lagi.
Sangat banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan personal branding pada media sosial diantaranya adalah dapat menyesuaikan persepsi orang lain terhadap diri kita, dapat membangun kepercayaan, menambah relasi, memudahkan dalam berkarir, dan belajar untuk menulis, mengedit, ataupun fotografi. Yuk dari sekarang jangan bingung lagi, kita kembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki agar semakin berkualitas dan memiliki personal branding yang baik. Jika kamu bingung dari mana memulai membangun personal branding, klik link berikut bit.ly/info-talkactive-id untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan pakar yang ada di talkactive.id.
Penulis: Metia Ariffiani