Dalam dunia kerja, istilah Boss dan Leader sering digunakan untuk menyebut atasan dalam organisasi perusahaan. Namun, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang signifikan lho Kawan Bicara!
Menurut Key Differences, boss adalah orang yang memberikan perintah pada pegawainya untuk menjalankan pekerjaan atau tugas yang mereka minta. Sementara itu, Leader berarti pemimpin yang dapat menginspirasi tim untuk bekerjasama mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Meskipun sama-sama bertugas untuk memimpin, tapi kalau dipandang dari sudut pandang para staf atau karyawan, kedua istilah tersebut kesannya berbeda. Supaya lebih jelas, mari simak ulasannya!
1. Sudut pandang
Kepemimpinan adalah proses ketika seseorang membimbing dan mengarahkan sekelompok orang untuk melakukan pekerjaan tertentu. Orang yang memimpin disebut dengan leader.
Perbedaan paling mencolok dari boss dan leader yaitu cara pandang. Pemimpin fokus pada timnya, sedangkan boss cenderung mementingkan diri sendiri.
Boss lebih fokus pada peningkatan kemahiran di karier sendiri karena mereka identik memiliki ambisi dan ego yang tinggi. Di samping itu, seorang leader sangat mementingkan anggotanya dan sering melibatkan mereka untuk ikut menangani proyek, sehingga meningkatkan kompetensi diri. Ketika berhasil maka itu adalah pencapaian bersama bukan hasil kerja keras sendiri. Karakter leader menghargai dan tidak asal klaim pencapaian anggotanya.
Baca juga: 11 Tips Public Speaking Untuk Mengatasi Grogi di Depan Umum
2. Cara Memimpin
Leader adalah sosok yang menginspirasi dan pembimbing yang terbuka untuk melakukan kolaborasi. Keterlibatan anggota adalah hal yang mereka junjung. Apabila anggota aktif dan terhubung dengan pekerjaan, bisa berdampak pada hasil tugas yang dibebankan.
Di sisi lain, seorang boss suka memerintah dan menerapkan standar kerja yang tinggi bahkan tidak realistis. Alhasil, menyebabkan karyawan tertekan dan penurunan kinerja. Atasan alias boss gemar memberikan perintah dan jarang melibatkan karyawan dalam sebuah diskusi.
3. Boss Ingin Selalu Jadi Pemimpin, Leader Menghasilkan Pemimpin Baru
Boss ingin ia tetap menjadi pemimpin dan punya kekuasaan untuk mengatur dan mengendalikan orang. Ia memandang kedudukan yang diperoleh sebagai miliknya, sehingga ia akan berusaha mati-matian mencegah orang lain mencapai keberhasilan yang sama.
Berbeda dengan leader yang menginspirasi anggota tim dan mendorong mereka untuk menjadi pemimpin baru. Menurutnya, leader baru berhasil apabila seluruh timnya naik level dan siap menjadi calon-calon leader baru.
Baca juga: Hindari Miskomunikasi dalam Hubungan Asmara, Begini Caranya
4. Boss Memberi Rasa Takut, Leader Memberi Rasa Hormat
Perbedaan leader dan boss lainnya adalah bos akan mengendalikan tim dengan menciptakan ketakutan dengan hukuman atau sanksi untuk membuat karyawan tetap tunduk padanya. Ia ingin memastikan bahwa tidak ada yang melanggar perintah.
Kebalikannya, seorang leader cenderung akan memberikan semangat kepada tim dan menghargai setiap kontribusi karyawan. Ia ingin setiap karyawan bisa punya inisiatif sendiri dalam melakukan tindakan, bukan karena rasa takut akan hukuman atau sanksi.
5. Boss Menuntut Hasil Sedangkan Leader Fokus Pada Proses
Seorang CEO of SEOsolution mengatakan bahwa boss cenderung ingin hasil yang instan. Tak jarang memberikan beban kerja tambahan ke karyawan untuk mencapai goals tersebut.
Kebalikan dengan boss, leader sangat menikmati proses berkembang bersama anggota, mencoba berbagai cara alternatif yang berpotensi memberikan hasil.
Setelah mengetahui perbedaan keduanya, Kawan Bicara yang berperan sebagai pemimpin pun bisa menilai diri apakah Kawan Bicara seorang Boss atau Leader?
Jika ternyata Kawan Bicara adalah boss, masih ada kesempatan untuk belajar dan beralih menjadi leader yang bisa membimbing dan menginspirasi karyawan. Kawan Bicara bisa belajar bareng Talkactive juga lho!