Pada umumnya, suatu bisnis yang sukses ditandai dengan nilai omset yang tinggi. Oleh karena itu, jika Kawan Bicara ingin menjadi pebisnis harus menyusun strategi dalam menaikkan omset. Hal ini agar roda bisnisnya menjadi berkembang dan meraih hasil yang ditargetkan.
Pada dasarnya, omset memiliki hubungan yang erat dengan tingkat penjualan. Untuk merealisasikannya, Kawan Bicara perlu memikirkan cara supaya angka penjualan mengalami kenaikan.
Hal tersebut tidak lepas ketika keberhasilan suatu bisnis mampu diukur, berdasarkan tingginya angka penjualan. Karena, kenyataannya makin tinggi angka penjualan, maka akan makin tinggi juga keuntungan yang bisa didapatkan.
Saat kita ingin meningkatkan omset penjualan, bisa dengan menggunakan strategi pemasaran. Namun sebaiknya Kawan Bicara perlu menggunakan strategi pemasaran yang tepat, sehingga targetnya tidak melenceng dari yang diharapkan.
Perbedaan Omset dan Profit
Dalam dunia bisnis, omset dan profit sangat erat kaitannya. Walaupun masih ada saja yang mengira dua hal tersebut adalah sama. Dilansir dari laman daring bisnis.com, dijelaskan bahwa Omset adalah nilai total produk yang dijual, sekaligus pendapatan kotor. Pendapatan ini belum dikurangi biaya modal seperti gaji pegawai, biaya operasional, dan sebagainya.
Maka omset sering dijadikan patokan untuk menilai skala besar kecilnya sebuah perusahaan. Namun, angka yang muncul tersebut belum bisa mencerminkan keuntungan bersih yang perusahaan tersebut dapat.
Sementara, profit merupakan nilai jual dari sebuah produk yang sudah dikurangi dengan biaya modal. Maka, nilai tersebut sudah bersih menjadi keuntungan sebuah perusahaan, karena telah dikurangi oleh biaya seperti gaji karyawan, biaya produksi, dan sebagainya.
Sehingga, profit ini mencerminkan nilai nyata dari keuntungan yang bisa didapat, nilai ini adalah pendapatan bersih. Jadi, kali ini penulis akan mengajak Kawan Bicara untuk mempelajari tips jitu, dalam menaikkan angka penjualan saat berbisnis. Berikut adalah beberapa caranya yang penulis rangkum dari sumber detik finance, dan bisnis.com, antara lain:
1. Memahami Teknologi Digital
Ada banyak metode yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis Kawan Bicara, salah satunya adalah memanfaatkan media digital. Teknik pemasaran melalui media digital ini biasanya disebut digital marketing.
Dengan memanfaatkan media digital, seperti sosial media dan website, Kawan Bicara mamou menjangkau pelanggan lebih banyak, bahkan sampai ke luar negeri. Dengan begitu, Kawan Bicara bisa menarik lebih banyak pelanggan baru dan meningkatkan transaksi penjualan.
Baca Juga : Cara Mencapai Komunikasi yang Efektif di Era Digital
2. Eksistensi Branding dari Produk
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Neilsen, terdapat fakta bahwa 60% konsumen, lebih menyukai membeli produk dari brand yang sudah mereka kenali eksistensinya sejak dahulu.
Hal ini tentu membuat para pebisnis mampu meningkatkan branding untuk produk mereka. Karena, tanpa adanya branding yang kuat, maka persaingan kamu akan semakin sulit.
Lain halnya jika produk dan brand kita sudah dikenal oleh masyarakat luas, bahkan sampai menjadi top of mind brand yang bisa mereka ingat, maka akan lebih mudah untuk kamu keluar dari persaingan harga.
3. Kenali dan Pertajam SEO dan SEM
Data Neilsen menunjukkan bahwa 98% pembeli akan memilih website yang berada pada halaman pertama mesin pencari. Dengan begitu, salah satu cara yang bisa kamu coba adalah meningkatkan traffic atau kunjungan ke website bisnis yang bersangkutan.
Seiring meningkatnya traffic pada website, mereka yang mengunjunginya bisa saja beralih menjadi pembeli dan pelanggan baru. Namu., Kawan Bicara bisa meningkatkan penjualan melalui website dengan menerapkan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Hal ini agar roda bisnis kita memiliki kemungkinan besar untuk tampil pada halaman pertama di mesin pencarian Google.
4. Multi Opsi Metode Penjualan
Di era serba maju yang memiliki banyak perkembangan teknologi dan internet ini, Kawan Bicara harus bisa beradaptasi dengan teknologi. Salah satunya dengan memberikan opsi beragam metode penjualan, seperti toko online dan di berbagai marketplace.
Dengan begitu, pelanggan bisa memilih akan berbelanja di mana dengan mudah. Sehingga, saat Kawan Bicara menghadirkan opsi beragam, pelanggan bisa berbelanja di manapun dan kapanpun mereka mau. Karena semuanya bisa dilakukan secara online melalui smartphone.
Nah, hal di atas adalah langkah yang bisa Kawan Bicara pelajari untuk meningkatkan omset penjualan dengan efektif, yang bisa diterapkan dalam penjualan bisnis. Bagaimana tanggapanmu Kawan Bicara?