Saat melamar pekerjaan, salah satu syarat yang biasanya wajib dilampirkan adalah curriculum vitae (CV). CV biasanya menjadi syarat utama yang mana dibutuhkan recruiter untuk melihat potensi dan juga kemampuan yang dimiliki calon pendaftarnya. Oleh sebab itu, diperlukan pengetahuan mengenai cara menulis keterampilan dalam CV yang hubungannya dengan diterima atau tidaknya dalam pekerjaan tersebut.
Kemampuan atau skill yang tertulis di CV biasanya dijadikan acuan dan juga pertimbangan bagi perusahaan atau recruiter untuk lolos ke tahap seleksi pekerjaan selanjutnya yang kemudian jadi penentuan diterima atau tidaknya pelamar tersebut di suatu perusahaan. Maka dari itu, Kamu perlu menambahkan keterampilan atau skill pada CV yang Kamu buat.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keterampilan atau skill yang ada di CV, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini dan juga agar Kamu mendapatkan tips dan bocoran agar diterima di perusahaan tempat Kamu melamar pekerjaan.
1. Keterampilan Mendengarkan Secara Aktif
Mendengarkan secara aktif mengacu pada kemampuan untuk fokus sepenuhnya pada orang yang kamu ajak berkomunikasi. Mendengarkan secara aktif membantu kamu memahami pesan mereka, memahami informasinya, dan merespons dengan bijaksana. Pendengar aktif menggunakan teknik verbal dan nonverbal untuk menunjukkan perhatian mereka kepada lawan bicara. Mengembangkan dan menggunakan keterampilan mendengarkan secara aktif dapat menunjukkan kepada rekan kerja bahwa kamu terlibat dan memiliki minat pada proyek atau tugas yang ada.
Baca Juga : 5 Tips Komunikasi Efektif Dalam Kehidupan Bersosial
2. Kemampuan Berkomunikasi
Keterampilan komunikasi adalah kemampuan yang kamu gunakan saat memberi dan menerima berbagai jenis informasi. Beberapa contoh termasuk mengomunikasikan ide, perasaan, atau apa yang terjadi di sekitar kamu. Keterampilan komunikasi melibatkan mendengarkan, berbicara, mengamati dan berempati. Memiliki keterampilan komunikasi yang kuat adalah penting dalam setiap industri di setiap tingkat karir.
3. Keahlian Komputer
Keterampilan komputer melibatkan kemampuan untuk belajar dan mengoperasikan berbagai teknologi. Keterampilan perangkat keras memungkinkan kamu mengoperasikan komputer secara fisik, dan ini bisa sesederhana mengetahui cara menghidupkan dan mematikan perangkat. Keterampilan perangkat lunak membantu kamu menggunakan program dan aplikasi komputer secara efisien. Ada beberapa keterampilan perangkat lunak yang dapat dipertimbangkan oleh pemberi kerja sebagai prasyarat untuk pekerjaan, seperti menggunakan spreadsheet atau mengetahui bahasa pengkodean tertentu.
4. Keterampilan Customer Service
Keterampilan layanan pelanggan adalah sifat dan praktik yang membantu kamu memenuhi kebutuhan pelanggan untuk menciptakan pengalaman positif bagi mereka. Keterampilan layanan pelanggan, secara umum, sangat bergantung pada pemecahan masalah dan komunikasi. Layanan pelanggan sering dianggap sebagai “soft skill.”
5. Kemampuan Interpersonal
Keterampilan interpersonal adalah ciri-ciri kepribadian yang kamu andalkan ketika berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Mereka mencakup berbagai skenario di mana kerja sama sangat penting. Mengembangkan keterampilan interpersonal penting untuk bekerja secara efisien dengan orang lain, memecahkan masalah, dan memimpin proyek atau tim.
Baca Juga : Komunikasi Antar Pribadi / Personal : Pengertian, Sifat, dan Tujuan
6. Skill Kepemimpinan
Keterampilan kepemimpinan memungkinkan pemimpin untuk mengatur sekelompok individu untuk mencapai tujuan bersama. Apakah kamu dalam posisi manajemen atau memimpin proyek, keterampilan kepemimpinan mengharuskan kamu memotivasi orang lain untuk menyelesaikan tugas dan mencapai pencapaian sering kali sesuai dengan jadwal.
7. Keterampilan Manajemen
Keterampilan manajemen adalah kualitas yang membantu kamu mengatur baik tugas maupun orang. Manajer yang baik terorganisir, empatik, dan berkomunikasi dengan jelas untuk mendukung tim atau proyek. Manajer juga harus mahir dalam soft skill dan keterampilan teknis tertentu yang terkait dengan industri mereka.
8. Keterampilan Memecahkan Masalah
Keterampilan pemecahan masalah memungkinkan kamu untuk menentukan akar masalah dan dengan cepat menemukan solusi yang efektif untuk semua pihak. Keterampilan ini sangat dihargai dalam peran apa pun dan lintas industri. Memecahkan masalah secara efektif dalam peran kamu mungkin memerlukan keterampilan teknis khusus industri atau pekerjaan tertentu.
9. Keterampilan Manajemen Waktu
Keterampilan manajemen waktu memungkinkan kamu menyelesaikan tugas dan proyek sebelum tenggat waktu sambil juga menjaga keseimbangan kehidupan kerja. Tetap teratur dapat membantu kamu mengalokasikan hari kerja kamu untuk tugas-tugas tertentu berdasarkan kepentingannya. Memahami secara mendalam tujuan individu, tim, dan perusahaan kamu dapat memberi kamu titik awal saat memutuskan cara mengatur waktu .
10. Keterampilan yang Dapat Dialihkan
Keterampilan yang dapat dialihkan adalah kualitas yang berguna bagi pemberi kerja mana pun saat kamu berganti pekerjaan atau bahkan karier. Keterampilan yang dapat ditransfer sering kali mencakup keterampilan lunak seperti fleksibilitas, organisasi, dan kerja tim, serta kualitas lain yang biasanya dicari pemberi kerja pada kandidat yang kuat. Keterampilan yang dapat dialihkan dapat digunakan untuk memposisikan pengalaman masa lalu kamu saat melamar pekerjaan baru, terutama jika berada di industri yang berbeda.
Bagaimana Kawan Bicara? Semoga membantu, ya. Jangan lupa untuk update CV mu agar semakin baik dan menarik perhatian HRD. Sambil update CV, yuk update keahlian yang dibutuhkan pekerjaan impian kamu, salah satunya komunikasi. Kawan Bicara bisa langsung belajar dengan Talkactive.id, yang pastinya dibimbing oleh trainer-trainer yang berpengalaman dan professional di bidangnya, yuk, tunggu apalagi!