Sama halnya seperti manusia, setiap organisasi pasti memiliki kepribadian dan dikenal sebagai budaya atau kultur organisasi. Kultur dalam organisasi menentukan identitas perusahaan. Seperti halnya manusia, setiap organisasi memiliki kepribadiannya masing-masing dan disebut kultur atau budaya organisasi. Kultur dalam organisasi menentukan identitas perusahaan. Ini memberitahu potensial yang dimiliki karyawan dan menetapkan harapan perusahaan.
Kultur atau budaya organisasi mencakup seperangkat prinsip, harapan, etika, dan kebiasaan. Keempat ciri ini membentuk kepribadian psikologis dan sosial organisasi. Dari eksekutif puncak hingga staf tingkat pemula, sifat-sifat ini membantu memandu perilaku anggota Budaya organisasi tercermin dalam hubungan anggota dengan dunia luar. Hal ini dapat diamati pada citra diri mereka, pekerjaan dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain dan pemangku kepentingan. Karena itu, penting untuk membangun kultur perusahaan yang kuat. Lantas bagaiman cara membangunnya?
1. Miliki Standard
Ciptakan standar dalam perusahaan atau kantor kamu. Standar ini berbicara mengenai standar operasional sehari-hari, standar berpakaian, sampai standar berkomunikasi dan mengadakan rapat. Misalnya, menciptakan aturan saat rapat dimana semua karyawan harus benar-benar fokus dan berpartisipasi, dan dengan estimasi waktu yang dilakukan maksimal 45 menit.
Jika ada karyawan yang tidak memahami standar tersebut, ia bisa saja sibuk sendiri, mengobrol dengan teman di sebelahnya, atau bahkan bermain handphone pada saat rapat. Hasilnya, rapat tentu tidak kondusif, dan mengganggu orang lain yang membutuhkan hasil cepat dari rapat tersebut. Karena itu, dengan adanya suatu standar yang dipahami dan dijalankan oleh semua karyawan akan memperkuat kultur di kantor.
2. Terbuka dan Kolaboratif
Cara membangun kultur perusahaan selanjutnya adalah dengan mengubah tata letak atau desain perusahaan kamu menjadi lebih terbuka. Artinya kamu harus menghilangkan sekat-sekat pembatas meja kerja para karyawan. Dengan melakukan hal ini, komunikasi antar karyawan bisa semakin bebas dan bisa menimbulkan rasa kolaboratif. Hal ini tentu sangat diperlukan agar para karyawan bisa saling bertukar pendapat dan saran terkait pekerjaan mereka.
Baca Juga : Gunakan 5 Tips ini Untuk Komunikasi Efektif di Tempat Kerja
3. Berikan Kesempatan Berkembang untuk Karyawan
Salah satu kunci sukses membangun kultur perusahaan yang baik adalah dengan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk berkembang. Kamu bisa memulai dengan memberikan pelatihan pengembangan skill dan lainnya.
Tanamkan di perusahaan kamu bahwa setiap karyawan memiliki hak untuk mengembangkan karirnya dan tumbuh bersama untuk mencapai tujuan perusahaan.
4. Terapkan Perubahan
Jika ingin menerapkan perubahan organisasi di semua departemen dan level, ini akan lebih baik. Cara terbaik untuk menerapkan perubahan adalah mengirim dokumen terperinci. Ingatlah untuk menekankan manfaat yang dapat diharapkan karyawan.
Transparansi perubahan baru sama pentingnya dengan langkah ini dengan konsistensi. Untuk hasil yang lebih baik, mintalah staf perusahaan untuk membantu pelaksanaannya. Untuk melakukan ini, atur pertemuan di mana setiap orang dapat mengajukan pertanyaan.
5. Ciptakan Komunikasi yang Efektif
Ciptakan komunikasi yang baik. Komunikasi ini misalnya saja mengenai apa yang kamu harapkan dari orang lain, mengenai cara kerja dan waktu pengerjaannya.
Contohnya ketika kamu berada di bagian marketing dan mengurus media sosial, kamu membutuhkan tim desain untuk membantu konten publikasinya. Kamu harus bisa mengkomunikasikan dengan jelas dalam memberikan brief, seperti desain apa yang kamu inginkan, penempatan setiap informasi, juga warna yang kamu inginkan
Komunikasi yang baik juga termasuk kejujuran menyampaikan kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki kepada anggota tim. Termasuk, ketika ada tugas dari atasan yang tidak kamu mengerti, atau masih kurang jelas.
Baca Juga : 5 Tips Komunikasi Efektif Dalam Kehidupan Bersosial
Semuanya dapat dimulai dari diri sendiri, terlepas apakah kamu pemilik perusahaan atau seorang pekerja. Sebuah budaya yang kuat tidak hanya ada di tangan mereka yang berada di level manajerial, tapi juga di tangan setiap karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut.
Nah, jika kamu tertarik untuk mengembangkan skill komunikasi kamu agar bisa menciptakan kultur yang baik di organisasi, kamu bisa langsung belajar dengan Talkactive.id yang pastinya di bimbing oleh mentor yang ahli di bidangnya. Yuk, Tunggu apa lagi. Klik link di bio!