Mengenal Apa Itu Budaya Organisasi

Mengenal Apa Itu Budaya Organisasi

Setiap organisasi atau perusahaan pasti memiliki sistem atau ciri khas masing-masing yang disebut budaya organisasi. Hal ini tentu berkaitan dengan citra sebuah perusahaan atau organisasi di lingkungan luar. Budaya organisasi tentunya  harus dibangun dan diperhatikan dengan baik, karena hal tersebut berpengaruh terhadap masa depan perusahaan.

Budaya perusahaan adalah salah satu cara untuk membangun SDM perusahaan melalui aspek perubahan sikap dan perilaku. Hal ini memiliki tujuan agar karyawan menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa menyesuaikan diri menghadapi tantangan di era industri menuju society. Di sinilah fungsi MSDM dalam organisasi diperlukan. Dengan kata lain, budaya di dalam organisasi merupakan kekuatan sosial yang tidak terlihat. Namun, mampu menggerakkan orang di dalamnya untuk melakukan pekerjaan efektif dan efisien. Karyawan dalam organisasi akan mempelajari dan menyesuaikan diri terhadap budaya yang berlaku, apa yang baik dan buruk, benar dan salah, boleh dan tidak boleh dilakukan, serta peraturan lainnya.

Di saat yang sama, setiap anggota menyadari bahwa peran budaya organisasi sangat penting untuk kemajuan perusahaan dan hasil pekerjaan. Budaya organisasi mengacu pada kepercayaan dan prinsip organisasi. Setiap organisasi mempunyai budaya uniknya tersendiri, hal tersebut sama seperti manusia. Memiliki ciri kepribadian masing-masing, di mana tidak ada dua individu yang memiliki sifat dan perilaku sama. Oleh karenanya, setiap organisasi mempunyai visi dan misi, kebijakan, nilai, aturan, dan pedoman yang berbeda dalam menciptakan citra diri atau personal branding. Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat secara detail mengapa budaya organisasi itu penting:

1. Mendefinisikan Identitas Internal dan Eksternal Organisasi

Budaya Organisasi akan menentukan bagaimana semua karyawan atau semua anggota melakukan pekerjaannya. Tidak hanya itu, budaya Organisasi juga menentukan cara berinteraksi satu sama lain juga dengan dunia luar, khususnya dengan pelanggan, mitra, pemasok, media dan semua pemangku kepentingan.

 

2. Menjalankan Nilai Inti Organisasi

Budaya  dapat menjadi cerminan dari nilai inti Organisasi, Cara kamu menjalankan bisnis, mengelola alur kerja, berinteraksi sebagai tim, dan memperlakukan pelangganmu semuanya menambah pengalaman yang harus memperlihatkan siapa kamu sebagai sebuah Organisasi.

 

3. Membuat Karyawan Menjadi Pendukung Organisasi

Budaya organisasi yang kuat memiliki kekuatan untuk mengubah karyawan menjadi pendukung. Karyawan kamu menginginkan lebih dari sekadar gaji tetap dan tunjangan yang baik, mereka ingin merasa apa yang mereka lakukan itu bermakna. Dan ketika karyawan kamu merasa bermakna, mereka lebih cenderung menjadi pendukung budaya, yaitu orang-orang yang tidak hanya berkontribusi pada budaya Organisasi , tetapi juga mempromosikan dan menjalaninya secara internal dan eksternal.

 

4. Berdampak Pada Kinerja dan Kesejateraan Karyawan

Budaya Organisasi berdampak langsung pada kinerja dan kesejahteraan karyawan. Budaya yang sehat menangani kedua area ini dengan menemukan keseimbangan yang sesuai berdasarkan nilai-nilai Organisasi. Organisasi harus menekankan proses kerja sedemikian rupa sehingga karyawan merasa kesehatan fisik dan mentalnya tetap diperhatikan.

 

5. Budaya Mengubah Organisasi Menjadi Sebuah Tim

Budaya organisasi yang sukses dapat menyatukan orang-orang di perusahaan dan membuat mereka tetap sejalan. Ketika budaya suatu perusahaan itu jelas, berbagai perspektif dapat berkumpul di belakangnya dengan tujuan yang sama. Budaya di organisasi bisa menetapkan ekspektasi tentang bagaimana orang-orang berperilaku dan bekerja bersama, dan seberapa baik mereka berfungsi sebagai sebuah tim.

Budaya organisasi adalah nilai-nilai yang dibawa oleh organisasi dan ditampilkan dalam citra diri anggota, cara kerja, interaksi dengan dunia luar, dan harapan masa depan. Budaya organisasi menjadi penting karena dapat memotivasi dan juga meningkatkan efektivitas kerja suatu organisasi.

Baca Juga : Apa Itu Kultur Dalam Organisasi dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Ketika sebuah organisasi memiliki budaya yang kuat, maka kaaryawan akan tahu bagaimana top manajemen ingin mereka menanggapi situasi apa pun, karyawan percaya bahwa respon yang diharapkan adalah yang tepat, dan karyawan akan tahu bahwa mereka akan diberi penghargaan karena menunjukkan nilai-nilai organisasi.

Pelatihan personal branding

Share This:

Mengenal Apa Itu Budaya Organisasi

Setiap organisasi atau perusahaan pasti memiliki sistem atau ciri khas masing-masing yang disebut budaya organisasi. Hal ini tentu berkaitan dengan citra sebuah perusahaan atau organisasi di lingkungan luar. Budaya organisasi tentunya  harus dibangun dan diperhatikan dengan baik, karena hal tersebut berpengaruh terhadap masa depan perusahaan.

Budaya perusahaan adalah salah satu cara untuk membangun SDM perusahaan melalui aspek perubahan sikap dan perilaku. Hal ini memiliki tujuan agar karyawan menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa menyesuaikan diri menghadapi tantangan di era industri menuju society. Di sinilah fungsi MSDM dalam organisasi diperlukan. Dengan kata lain, budaya di dalam organisasi merupakan kekuatan sosial yang tidak terlihat. Namun, mampu menggerakkan orang di dalamnya untuk melakukan pekerjaan efektif dan efisien. Karyawan dalam organisasi akan mempelajari dan menyesuaikan diri terhadap budaya yang berlaku, apa yang baik dan buruk, benar dan salah, boleh dan tidak boleh dilakukan, serta peraturan lainnya.

Di saat yang sama, setiap anggota menyadari bahwa peran budaya organisasi sangat penting untuk kemajuan perusahaan dan hasil pekerjaan. Budaya organisasi mengacu pada kepercayaan dan prinsip organisasi. Setiap organisasi mempunyai budaya uniknya tersendiri, hal tersebut sama seperti manusia. Memiliki ciri kepribadian masing-masing, di mana tidak ada dua individu yang memiliki sifat dan perilaku sama. Oleh karenanya, setiap organisasi mempunyai visi dan misi, kebijakan, nilai, aturan, dan pedoman yang berbeda dalam menciptakan citra diri atau personal branding. Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat secara detail mengapa budaya organisasi itu penting:

1. Mendefinisikan Identitas Internal dan Eksternal Organisasi

Budaya Organisasi akan menentukan bagaimana semua karyawan atau semua anggota melakukan pekerjaannya. Tidak hanya itu, budaya Organisasi juga menentukan cara berinteraksi satu sama lain juga dengan dunia luar, khususnya dengan pelanggan, mitra, pemasok, media dan semua pemangku kepentingan.

 

2. Menjalankan Nilai Inti Organisasi

Budaya  dapat menjadi cerminan dari nilai inti Organisasi, Cara kamu menjalankan bisnis, mengelola alur kerja, berinteraksi sebagai tim, dan memperlakukan pelangganmu semuanya menambah pengalaman yang harus memperlihatkan siapa kamu sebagai sebuah Organisasi.

 

3. Membuat Karyawan Menjadi Pendukung Organisasi

Budaya organisasi yang kuat memiliki kekuatan untuk mengubah karyawan menjadi pendukung. Karyawan kamu menginginkan lebih dari sekadar gaji tetap dan tunjangan yang baik, mereka ingin merasa apa yang mereka lakukan itu bermakna. Dan ketika karyawan kamu merasa bermakna, mereka lebih cenderung menjadi pendukung budaya, yaitu orang-orang yang tidak hanya berkontribusi pada budaya Organisasi , tetapi juga mempromosikan dan menjalaninya secara internal dan eksternal.

 

4. Berdampak Pada Kinerja dan Kesejateraan Karyawan

Budaya Organisasi berdampak langsung pada kinerja dan kesejahteraan karyawan. Budaya yang sehat menangani kedua area ini dengan menemukan keseimbangan yang sesuai berdasarkan nilai-nilai Organisasi. Organisasi harus menekankan proses kerja sedemikian rupa sehingga karyawan merasa kesehatan fisik dan mentalnya tetap diperhatikan.

 

5. Budaya Mengubah Organisasi Menjadi Sebuah Tim

Budaya organisasi yang sukses dapat menyatukan orang-orang di perusahaan dan membuat mereka tetap sejalan. Ketika budaya suatu perusahaan itu jelas, berbagai perspektif dapat berkumpul di belakangnya dengan tujuan yang sama. Budaya di organisasi bisa menetapkan ekspektasi tentang bagaimana orang-orang berperilaku dan bekerja bersama, dan seberapa baik mereka berfungsi sebagai sebuah tim.

Budaya organisasi adalah nilai-nilai yang dibawa oleh organisasi dan ditampilkan dalam citra diri anggota, cara kerja, interaksi dengan dunia luar, dan harapan masa depan. Budaya organisasi menjadi penting karena dapat memotivasi dan juga meningkatkan efektivitas kerja suatu organisasi.

Baca Juga : Apa Itu Kultur Dalam Organisasi dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Ketika sebuah organisasi memiliki budaya yang kuat, maka kaaryawan akan tahu bagaimana top manajemen ingin mereka menanggapi situasi apa pun, karyawan percaya bahwa respon yang diharapkan adalah yang tepat, dan karyawan akan tahu bahwa mereka akan diberi penghargaan karena menunjukkan nilai-nilai organisasi.

Pelatihan personal branding

Share This:

More Articles

News

No results found.
Buka
Butuh Bantuan?
Halo, Kawan Bicara!
Ada yang bisa kami bantu?